Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menyerang siapa pun baik tua atau muda. Salah satu faktor penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak sehat yaitu berkaitan dengan makanan yang di konsumsi.

Darah tinggi dapat menjadi penyebab munculnya penyakit lain seperti jantung dan stroke. Bagi penderita hipertensi, berikut ini cara yang bisa dicoba untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
 
Banyak Makan Buah dan Sayur
Konsumsi 4-5 porsi buah dan sayuran setiap hari untuk mengontrol tekanan darah. Buah dan sayur kaya akan mikronutrien seperti vitamin dan mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Konsumsi Gandum
Gantilah karbohidrat yang biasa konsumsi dengan gandum. Gandum sangat bermanfaat, selain sebagai karbohidrat yang kaya akan serat, gandum mampu menyerap tekanan darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
 
Protein
Protein berkualitas tinggi seperti putih telur, daging tanpa lemak, makanan laut, dan kacang-kacangan baik untuk menjaga tekanan darah Anda. Sebab makanan di atas dapat meningkatkan kolesterol sehat tubuh Anda.

Minum air kelapa
Air kelapa telah terbukti memiliki manfaat untuk menurunkan hipertensi. Dalam sebuah penelitian kesehatan ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi atau minum air kelapa secara rutin dapat menurunkan tekanan darah hingga 71%.



Kurangi Garam
Membatasi asupan sodium membantu mengontrol tekanan darah tinggi bagi orang yang mengidapnya dan mencegah orang yang tidak mengidapnya. WHO merekomendasikan asupan sodium tidak melebihi dari 2.000 miligram atau lima gram garam--setara dengan satu sendok teh--per hari. Hati-hatilah dengan makanan kaleng dan makanan cepat saji seperti fried chicken, pizza, dan sejenisnya. Makanan jenis itu mengandung garam yang berlebihan.

Itulah beberapa cara sehat yang bisa Anda coba untuk menurunkan tekanan darah. Cara tersebut dijamin lebih aman dibandingkan dengan konsumsi obat-obatan yang mampu menimbulkan efek samping.
Artikel Terkait

Artikel Terkait

Resep Terapi Jus

Follow by Email